19.4.11

That's Why We Are Here

Aku harus menuliskan lima kata dalam Bahasa Inggris ini. Buat aku, kalimat ini sangat lekat dengan sosok salah satu atasanku. Dia bekerja bersama dengan aku dalam waktu sangat singkat. Tiga bulan saja. Kalimat ini yang paling membekas di benakku.

That's why we are here.

Itu yang diungkapkannya ketika kami menghadapi sejumlah masalah. Sebetulnya, pekerjaan apa sih yang tidak punya masalah. Bahkan liburan pun punya masalah sendiri (biasanya masalah uang yang kurang atau waktu liburan yang terlalu sedikit sih). Jadi, setiap hari, selalu ada masalah baru atau masalah lama muncul di depan meja menunggu untuk jalan keluar.

Tidak sekali dua kali, masalah itu muncul bukan karena apa yang kita lakukan tetapi lebih ke apa yang dilakukan oleh pihak ketiga. Masalah juga bisa muncul karena keputusan yang dibuat oleh pihak-pihak yang bahkan sudah tidak lagi terlibat di dalam pekerjaan itu. Apapun itu, adalah tugas kami untuk menyelesaikan masalah yang muncul, satu demi satu.

Ya, karena itulah kenapa saya dan teman-teman satu tim ada di kantor ini. Bekerja memastikan rencana bukan sekedar rencana. Bekerja memastikan sesedikit mungkin masalah, dan kalaupun ada (percayalah, selalu ada masalah di setiap pekerjaan) selesaikanlah masalah itu secepat dan sebisa mungkin.

Soal siapa yang sebetulnya membuat masalah itu muncul, cukuplah menjadi olahraga ngomel-ngomel di waktu senggang. 
Kamu sendiri bagaimana? Kalau punya pekerjaan tidak ada masalah, mau banget deh bergabung.