12.1.11

Lingkaran Penuh Warna

Tahun 2010 betul-betul menjadi sebuah tahun perjalanan yang membawa aku semacam menyelesaikan satu putara. Full Circle. Seperti aku tulis di pertengahan tahun lalu, ini adalah perjalanan reuni panjang yang ternyata terus aku lakukan sampai akhir tahun 2010 dan akhirnya berada di titik yang kurang lebih sama dengan akhir tahun 2009.

Tidak pernah aku berencana terlalu banyak dan secara khusus di 2010 aku lebih tidak berani berencana apapun. Sepakat untuk menikmati saja dan berharap dapat mendapat energi baru yang perlahan menipis. Sungguh sulit buat aku untuk mengumpulkan energi dengan begitu banyak perpindahan tempat dan begitu banyak kegiatan baru yang aku lakukan. Kalau bukan begitu, itu bukan tahun perjalanan ya?

Tahun penuh warna dan aku memang suka itu. Segala sesuatu terasa membosankan kalau hanya satu warna. Biru, hitam, kuning, merah, putih dan warna apapun itu semua hadir di 2010. Terkadang membuat mata sakit karena warna yang terlalu menyengat, terkadang memberi perasaan adem tetapi secara keseluruhan membuat aku lebih baik. Setidaknya, rangkaian warna itu mampu membuat aku punya energi untuk menghadapi 2011.

Aneh sekali.

Barangkali pada akhirnya, di saat semua warna itu berputar dengan cepat, warna putih keluar dengan tegas. Seperti sebuah kertas baru berwarna putih, mari kita warnai tahun yang baru ini.