10.10.11

Tentang Blog dan Menulis

Blog ini memang setia sekali ya. Aku hanya sesekali menengoknya. Berbeda sekali dengan tahun-tahun pertama aku mengenal blog. Sehari bisa menulis beberapa kali. Itu semua terekam di archive sepanjang November 2004. 

Aku tidak selalu senang membaca tulisan-tulisan di awal masa-masa nge-blog. Beberapa ingin sekali aku hapus. Terlalu galau dan sibuk sama diri sendiri. Semua ditulis. Remeh temeh tidak penting yang terasa begitu penting. Sampai sekarang, aku bertahan membiarkan tulisan-tulisan lama itu tersimpan. Sebagai pengingat buat diri sendiri bahwa ada begitu hal yang bisa jadi penting buat aku saat itu tapi kemudian teruji bukanlah hal penting. Sebagai penjaga emosi untuk tidak perlu pusing dengan hal-hal yang akan lewat. Sebagai dokumentasi proses aku menulis. 

Terlepas dari kualitas tulisan, tahun-tahun pertama adalah tahun-tahun aku terus menulis. Sebuah proses panjang yang membuat aku terbiasa memaparkan ulang apapun yang ada di otakku dengan lebih runtut. Tahun 2010 adalah tahun dimana aku hanya menulis 4 kali! Well, it was one of the toughest time in my life and also a time to get a closure.

Menurutku menulis memang sebuah ritual yang membuat aku bisa melihat apa yang tengah aku lakukan dari sudut yang berbeda. Aku bersyukur ada di saat ada berbagai kemudahan untuk bisa melakukan itu. Sewaktu belum ada blogspot, aku harus bersusah payah untuk coba menulis via geocities. Aku sendiri sudah tidak ingat apa-apa soal account disitu. Aku hanya ingat beberapa nama blogger-blogger awal yang membuat aku kebelet untuk punya buku harian di web seperti mereka. Ealah, ketika sudah dibuat mudah, hanya bertahan beberapa tahun dan sekarang lebih sering sibuk berkicau ketimbang blogging

Beruntung sampai sekarang blogspot masih ada, masih gratis dan masih mudah diakses. Begitu juga beberapa blog lain yang ada di alamat berbeda. Setidaknya, beberapa blog yang bisa aku ingat. Entah berapa banyak blog yang dibuat iseng dan tidak bisa aku ingat lagi. Ada juga blog yang memang menjadi tempat bermain tersembunyi, sih. 

Apa orang masih menulis di blog? Beberapa blogger lama masih menulis di blogspot dan setia dengan layout gratis yang disediakan blogspot. Beberapa rajin mem-posting ulang tulisan lama via twitter (you know who you are...hehehehe). Sebagian besar lebih aktif di twitter atau facebook.

Tidak ada masalah dengan itu semua. Teknologi memungkinkan setiap orang bebas berekspresi lewat tulisan, foto, video dan bentuk media lain. Blog hanya salah satu dari sekian banyak channel. Aku sendiri ingin bisa bilang aku masih suka nge-blog. I got the best supporting system  from blogging. Aku mendapat teman-teman terbaik dari dunia blog. Sebagian besar sudah tidak aktif tetapi kami semua masih super aktif berbagi - kali ini tidak via tulisan tetapi langsung bertemu.



4 comments:

  1. Chandra3:00 pm

    keep blogging. :)

    ReplyDelete
  2. crimethought7:13 pm

    Saya masih suka blog, karna di sini bisa nulis panjang... :)

    ReplyDelete
  3. thank you

    ReplyDelete
  4. gampang juga nge-twit lebih pendek.
    betul sih blog bisa lebih panjang, tapi juga musti runtut siih :)

    ReplyDelete