25.9.09

Sebuah Whitney Houston Moment


Aku besar dengan lagu-lagu Whitney Houston. Maklum, generasi delapan puluhan ini tidak punya banyak pilihan. Saat ini, musik yang aku dengar sangat tergantung pada apa yang diputar di radio. Tidak ada pilihan di televisi yang hanya ada satu, dan pilihan lagu di Aneka Ria Safari itu adalah lagu-lagu semacam pulangkan aku pada orang tuamu.

Semalam gara-gara flu, aku terpaksa mendekam di rumah dan membuat aku membongkar koleksi CD, terutama CD di bagian bawah. Yup, aku memutuskan bermain-main dengan mesin waktu. Aku memilih CD lama, antara lain CD dari Whitney Houston.

Ada banyak lagu-lagu Whitney yang popular. Dari lagu bertempo cepat sampai lagu mellow semua kumplit. Berhubung sudah malam dan sedang setengah tidur-tiduran di sofa, lagu mellow tampak lebih pas.

Dan, ya ampun, ternyata aku masih bisa ingat lirik dari lagu-lagu Whitney!

Aku mulai dengan memasang lagu Saving All My Love For You. Rat, masih inget gak, waktu kita bahas apa sih maksudnya lagu ini, sekitar hmmm, 10 tahun lalu? ;)

Semalam, aku asik ikut bernyanyi lagu-lagu Whitney. Kalau saja aku ada di tempat karaoke, sepertinya aku paling tidak mendapat angka 90!

Buset. Aku betul-betul bisa mengingat. Ternyata otak aku memang punya kapasitas mengingat ya.


***

Beberapa bulan terakhir, aku sering main ke berbagai tempat karaoke. Sebagian besar sih bersama keluarga. Kami biasa pilih macam-macam lagu. Lagu lama sampai lagu terbaru semua bisa dipilih. Aku biasanya paling parah untuk mengingat lirik. Bahkan untuk mengingat lagu-lagu baru yang terkadang pendek dan kata-katanya juga cuman itu-itu saja. Seperti lagu kelompok Kuburan yang berjudul Lupa atau lagu Melly yang hanya berisi kalimat “I love you”.

Di acara makan malam ulang tahun ayahku, aku dan adik-adikku memutuskan menyanyikan sebuah lagu rohani yang sebetulnya lagu yang cukup sering dinyanyikan di gereja. Tapi kami semua tokh lupa lirik lagu tersebut. Untunglah ada teknologi. Blackberry dan google membantu kami dengan lirik lagu tersebut.

Barangkali itu yang menyebabkan otakku sedikit malas mengingat. Hari gini, urusan mengingat lirik adalah hal sepele. Tinggal lihat di internet semua tersedia.

Coba aja 15 sampai 20 tahun lalu, cari lirik lagu itu bisa sampe berjam-jam dan penuh usaha!

Aku masih inget, duduk di sebelah radio atau tape, mencoba mencatat setiap kata dari sebuah lagu. Lebih berat lagi kalau itu lagu berbahasa Inggris. Maklum, disini lidah Indonesia. Bahasa Inggris itu bahasa ketiga atau keempat setelah Bahasa Sunda dan Batak (yuk mariii). Tidak heran, kalimat yang berhasil aku tulis kadang-kadang sangat aneh, biasanya pasti karena aku salah mendengar. Waktu SMA, aku suka tukar-tukaran lirik lagu dengan Lia. Aku punya koleksi lirik lagu yang lumayan banyak. Ditulis dengan cantik, lengkap dengan tulisan warna warni dan gambar-gambar warna warni yang tidak penting.

Ah, rasanya aku bisa lihat semua buku itu. Entah kemana perginya buku-buku itu.

Bisa jadi, karena musti usaha dan juga barangkali karena otakku masih segar dan masih punya kapasitas yang besar, aku bisa mengingat lagu-lagu itu sampai sekarang. Aku juga kaget, kok bisa aku mengingat lagu-lagu ini; the greatest love of all, one moment in time, I have nothing, didn’t we almost have it all. Lagu dengan lirik mendayu-dayu dan beda banget dengan lirik lagu penyanyi perempuan seperti Beyonce yang begitu kuat. Ah, hidup lagu jadul, deh.

***

Ngomong-ngomong, Whitney Houston sekarang dimana sih? Menghapal lirik dan menyanyikannya sih masalah sepele tapi lagu-lagu Whitney itu lagu-lagu besar yang sulit dinyanyikan dengan sukses kecuali oleh penyanyi sekaliber dia. Aku sih cukup puas bernyanyi tingkat rumah deh, hanya untuk kuping sendiri, kalangan super terbatas.

Bagaimana dengan kamu? Apa masih hapal dengan lagu-lagu jadul tahun delapan puluhan yang liriknya panjang dan gombal banget itu?

1 comment:

  1. Analyst12:45 pm

    Finally you have taken a plunge in converting to echo and me too have done for my blog. Must say yours is a very neat and clean blog.
    Regards
    Indian-Share-Tips.Com

    ReplyDelete