1.7.09

As Long As We Have Music

For as long as I have music
As long as there's a song for me to sing

I can find my way, I can see a brighter day

The music in my life will set my spirit


Aku pikir, itu juga yang ada di benak setiap kawan kawan aku yang sedang dalam perjalanan ke Eropa dalam rangka ITB Cultural Tour (ICT) 2009. Sebuah perjalanan yang dinilai cukup ambisius, yang memakan energi setiap orang yang terlibat di dalamnya. Perjalanan yang memakan waktu dalam proses rencana dan persiapan dan juga uang yang tidak sedikit.

Sebelum berangkat, paduan suara ini menyelenggarakan dua kali konser pre-kompetisi. Dua kota dipilih: Bandung dan Jakarta.

Aku berkesempatan menonton konser yang terakhir. Diselenggarakan di Jakarta tanggal 12 Juni yang lalu. Walaupun molor, aku menikmati pertunjukan selama lebih dari dua jam itu. Terlepas dari berbagai kekurangan ini itu, aku menikmati setiap lagunya. Sama seperti aku menikmati film di bioskop dan show di Java Jazz Festival. Perasaanku bercampur aduk. Ada lagu yang membuat aku merasa bahagia, sedih, senang dan juga deg degan!

Ada rasa cemburu melihat teman-teman berada di panggung, tetapi juga ada rasa lega bahwa aku berada di deretan penonton. Kali ini, aku bisa menikmati Mas Indra memimpin teman-teman, menikmati komposisi lagu yang dibawakan, menikmati kostum yang indah dan juga musik yang membuat aku melupakan kepusingan urusan pekerjaan (walaupun aku disana bersama beberapa kawan-kawan dari kantor).

Pada saat yang sama, aku juga merasa kuatir bagaimana mereka akan bisa berangkat untuk ITB Cultural Tour dengan urusan duit yang belum selesai, dengan jadwal kompetisi dan konser yang begitu ketat, dengan perjalanan yang berat! Kawan-kawanku itu harus mempersiapkan bukan saja fisik tetapi juga mental. Aku masih teringat perjalanan kami ke China beberapa tahun lalu. Untuk hanya ikut satu kompetisi besar di satu kota saja, fisik dan mental cukup terkuras. Kali ini, mereka harus melakukan 27 performances, di 21 kota, di 5 negara dalam kurun waktu sekitar 3 minggu saja.

Setelah konser, aku merasa yakin mereka akan mampu melakukannya. PS ITB telah melangkah begitu jauh. Dalam perjalanannya, PS ITB telah terus bertumbuh melewati berbagai jatuh bangun, pujian dan cercaan, mahasiswa yang semakin cepat datang dan pergi, urusan uang yang tidak pernah selesai dan berbagai hal lain. Perjalanan ini akan menjadi satu titik baru dalam sejarah PS ITB. Perjalanan ini bisa jadi ambisius tetapi semua daya dan upaya sudah dikerahkan untuk itu.

Selama ada musik, kita pasti akan selalu menemukan jalan!

Selamat berjalan dengan musik, teman-teman.

When the dreams I keep inside me
Seem to fade and almost die
Then I call upon my music
And it helps to dry my tears
And I know that I can make it
I'll go on despite my fears

As long as WE have music!

No comments:

Post a Comment