11.4.08

Riwayat Akhir Sang Pekan

Hari Jumat! Menyenangkan sekali! Biarpun ada banyak pekerjaan dan tugas bertumpuk dan baru diomelin kiri kanan, tetap saja kalau Jumat itu terasa lebih ringan...sedikit.

Akhir pekan kalau kata orang hotel dimulai Jumat siang sampai Minggu siang. Buat aku juga sama saja. Bahkan perasaan senang sudah dimulai dari Rabu, loh! Jadi begini, kalau hari Rabu, berarti besoknya kan Kamis (ya iyalah), dan Kamis aku sudah semangat karena besoknya Jumat, hari terakhir bekerja. Jadi,buat aku suasana akhir pekan sudah resmi dimulai sejak Rabu. Begitu, deh.

Sudah lama sekali, aku membuat "setelan" mental bahwa aku tidak mau bekerja dan pusing mikir di akhir pekan. Tidak heran, mengerjakan tugas, belajar untuk ujian dan masuk kantor di hari Sabtu menjadi barang tabu. Sejak Rabu (ingat siklus di atas) atau paling mentok Jumat pagi, aku sudah sibuk merancang ini itu untuk menghabiskan Jumat malam. Bisa pergi keluar bersama sahabat atau keluarga, atau sekedar "me time" yang aku manfaatkan untuk memuaskan keinginan aku seperti baca buku di rumah. Ada perasaan santai karena tidak harus bangun pagi.

Sebetulnya, ulang malam tidak hanya aku lakukan pada hari Jumat. Pulang lewat tengah malam di hari kerja saja bisa dilakukan, kok.

Sekarang sih, aku tidak terlalu ngotot tidak bekerja di hari Sabtu. Bisa jadi karena tuntutan pekerjaan sewaktu aku memilih menjadi pekerja independen. Dengan sedikit rancang ulang mental, aku mulai bisa menikmati kalau sesekali harus bekerja di akhir pekan.




Aku pikir, setiap orang perlu punya waktu akhir pekan, dan itu tidak terbatas pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Terserah deh, hari apa yang mau diniatkan menjadi hari bersenang-senang. Hari apapun yang dipilih, mudah-mudahan bisa memberi terang di hari-hari gelap. Tidak bisa tiap minggu juga tidak apa-apa, tapi harus tetap rutin.

Kamu sendiri, apa pilihan yang paling sering dilakukan di akhir pekan? Di rumah, di luar rumah yang santai bersama orang(-orang) terdekat? Keluar kota, dan barangkali berkontribusi pada kemacetan di luar sana?

psssstttt, kalau pacaran mah kan tidak selalu di akhir pekan, walaupun tetap menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu di akhir pekan.

Dari hati aku berharap apapun kondisi minggu ini atau hari ini, segelap apapun itu, akan ada titik terang dan mari kita lewati akhir pekan bersama-sama, selamat menikmati hari pekan.