30.4.07

Alat Kendali

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketKeluargaku lebih sering ngomel, kalau aku pegang remote control TV. Wajar dong, pegang remote control berarti pegang kendali. Ya, suka-suka aku mau nonton apa, bahkan kalo ternyata cuman ganti-ganti program TV karena bosan atau gak ada yang menarik. Iklan? Pasti cari channel lain. Gak mau rugi dong. Kecuali kalau kelamaan gak nonton TV, yang dicari biasanya justru iklan.

Enak memang punya kontrol terhadap sesuatu. Enak-enak pusing sih sebetulnya.

Sehari-hari, apa (atau siapa?) yang mengontrol hidupmu?

1. Kerja? Dimana seluruh jadwal kegiatan sangat dipengaruhi pekerjaan. Nomer 1 adalah pekerjaan. Nomer 2 juga pekerjaan. Bahkan mungkin tidak ada opsi lain selain kerja dan kerja. Coba deh liat, kalau buku alamat kamu didominasi orang-orang dari tempat bekerja. Atau jangan-jangan kamu berharap hidup 24 jam, 7 hari seminggu semua untuk bekerja. Bahkan, diajak ngobrol pun yang dibicarakan hanya tentang pekerjaan.

2. Karir adalah segalanya. Terkait dengan #1. Hanya saja, menurut aku, untuk #1 bisa saja orang tersebut tidak gila karir, tapi untuk #2 karir lebih penting. Aku suka membayangkan, jangan-jangan di pikiran dia, setiap ketemu orang, selalu melihat orang tersebut karirnya ada dimana. Untuk membandingkan. Syukur-syukur kalau karir orang lain dibawah dirinya sendiri. Jegal kiri kanan, sikut kiri kanan demi karir yang melejit, seringkali jadi sah.

3. Rupiah rupiah rupiah. Segala sesuatunya tentang uang. Hidup yang dikontrol oleh jumlah uang yang dimiliki. Segala sesuatu yang dikerjakan ditujukan untuk memperoleh uang sebanyak-banyaknya, dan barangkali juga, membelanjakan sebanyak-banyaknya. Rupiah menjadi penentu kualitas manusia untuk tipe yang seperti ini.

4. Penampilan nomer satu. Bahwa bentuk fisik menjadi alat kendali hidup. Penampilan yang tidak sesuai akan bikin sakit kepala. Entah itu terlalu kurus, terlalu gemuk, terlalu kecil, terlalu besar, terlalu tinggi, terlalu pendek, dan 1001 macam lainnya. Fitness habis-habisan. Jaga makan, kalau perlu bayar berjuta-juta untuk menjaga bentuk tubuh. Semua kegiatan mengikuti jadwal aktivitas menjaga penampilan. Ke salon setiap hari untuk menjaga tatanan rambut yang oke pun bisa dijalani dengan senang hati.

5. Kata orang menjadi penting. Setiap saat kepala menjadi pusing karena disini, "apa kata orang" memegang kendali. Mau kerja lepas? Apa kata orang, nanti. Mau bikin tato dimana-mana? Apa kata orang menjadi pertimbangan. Mau ini mau itu selalu dipusingkan dengan perkataan orang. Hmm, mirip-mirip sama ini, adalah hidup dikontrol pacar. Ah, gubrak sajalah kalau itu sih.

6. Internet *ehm*. Pernah ada masa dalam hidupku, yang pertama kali aku lakukan setelah bangun adalah memencet tombol on komputer. Boooo! Hidup betul betul dikendalikan oleh email keluar masuk inbox banget. Entahlah bagaimana caranya masa masa itu berakhir (dan barangkali digantikan dengan dikendalikan blog..kekekek).

Entahlah, siapa yang pegang remote control untuk hidupmu. Tidak ada sama sekali? Hidup tanpa kontrol apapun? Waw!

Untukku sekarang, aku menyerahkan remote control ke DIA yang memberi aku hidup.