16.4.07

Rapat di Hotel

"Kamu belum tahu ya, kalau pertemuan mereka itu biasanya sampai malam banget. Biasa tuh, kalau orang atas yang ngadain pertemuan. Lagian, mumpung mereka pada ada loh, sekalian aja sampe malem"

Itu komentar admin ke aku, waktu dia melihat agenda yang aku susun untuk satu pertemuan.

Photo Sharing and Video Hosting at PhotobucketAku tahu, seringkali ada diskusi atau pertemuan yang dimulai dari pagi hari dan berakhir di tengah malam. Karena itu, biasanya pertemuan diadakan di hotel. Tidak perlu pulang ke rumah. Langsung tidur di hotel. Eits! Itu kalau bisa tidur, loh.

Aku tahu, seringkali ada begitu banyak agenda dalam satu pertemuan, dan karena itu waktu 8 jam sehari seringkali tidak cukup. Aku tahu, seringkali peserta tersebut punya kesibukan tingkat tinggi atau berasal tidak dari satu kota, sehingga "mumpung ketemu" semua dihajar beybeh biar selesai.

Tapi, sebetulnya seberapa efektif pertemuan yang berlangsung sampai tengah malam itu?

Apakah seseorang baru terlihat bekerja (keras) ketika dia pulang malam? (Katakanlah, paling cepat pulang jam 10 malam) Apakah pertemuan baru bisa dinilai sukses ketika itu dilakukan seharian dan menghasilkan catatan hasil pertemuan setebal beberapa puluh centimeter?

Jangan salah. Aku pernah berada di sebuah kamar hotel, bersama beberapa orang, harus berdiskusi tentang satu kegiatan, sampai lewat tengah malam. Kondisi menuntut aku berbuat seperti itu. Aku hanya ada di kota itu selama 2 malam, untuk kemudian terus berpindah kota sedangkan ada begitu banyak hal yang harus dilakukan. Tapi pertemuan itu sendiri memang baru berlangsung lewat makan malam. Sepanjang siang, aku harus bertemu dengan lebih banyak orang yang hanya bisa ditemui pada jam kerja normal.

Rapat, seminar, pelatihan dan begitu banyak bentuk lain sepatutnya dipersiapkan dengan lebih baik. Bahan pertemuan harus disiapkan jauh sebelum hari H dan sudah dibaca dan dipahami pada saat pertemuan. Kalau memang tidak cukup semalam, dan tidak ada hambatan untuk dibuat tiga malam, kenapa harus ngoyo menjadikannya pertemuan semalam? (kecuali kalau, itu bisa jadi alasan supaya tidak masuk kantor besoknya...huhuy)