14.2.07

Pilot Otomatis

Perjalanan Bandung - Jakarta adalah perjalanan yang terlalu biasa buat aku. Bisa dilalui dengan tiga pilihan, pakai kendaraan pribadi, kendaraan travel atau kereta api. Karena masa jaya menyetir sudah aku lewati, rasanya bawa kendaraan pribadi terlalu melelahkan. Padahal beberapa tahun lalu, minimal seminggu 2 kali aku bawa kendaraan pribadi melewati jalur Jakarta-Puncak-Bandung atau Bandung-Purwakarta-Jakarta. Kecil! Tapi sekarang sih, makasih deh. Aku lebih memilih pakai travel ketika aku merasa ingin tidur. Apalagi ada keleluasaan waktu, setiap setengah jam aku bisa berangkat. Tapi, di saat tumpukan pekerjaan udah bikin kepala pening, maka pilihan naik kereta api lebih menggoda. Di kereta api, aku biasanya menghabiskan waktu dengan mengetik, menyelesaikan pekerjaaan yang tertunda. Lumayan banget 3 jam waktu yang tenang bisa aku dapatkan, dan biasanya ide juga bisa mengalir lancar.

Pilot Otomatis Atau Tidak?Tahu gak, biarpun berkali-kali melewati Cipularang, atau jalur kereta api Bandung-Jakarta, bukan berarti aku hafal dengan situasi di sekeliling jalur itu. Kan pilihannya, aku sedang tidur atau aku sedang bekerja. Ehm, terkadang sih, aku sedang melamun (tanpa rasa bersalah menghabiskan waktu sia sia loh, enak kan!). Ideal banget kalau bisa pakai mobil sendiri dengan kenyamanan terjamin terus kendaraan jalan dengan pilot otomatis. Tuing, dalam sekejap nyampe. Nikmat. Gak capek!

Pernah terpikir untuk menjalani hidup pakai alat pilot otomatis? Tuing, tiba tiba nyampe ditujuan, entah apa itu tujuan hidupnya. Lulus, dapat pekerjaan, menikah, atau apapun itu. Menyenangkankah?

Sebagaimana perjalanan Bandung-Jakarta bisa dihabiskan dengan tidur, ngelamun, bekerja. Hidup juga. Padahal perjalanan Bandung-Jakarta bisa memberikan pemandangan yang keren loh, beneran deh. Mau naik kereta api, mau naik kendaraan travel. Bisa kita nikmati, bisa juga kita lewati. Hidup juga. Bisa kita nikmati, bisa juga kita lewati, berbagai hal indah yang ada di sekeliling kita.

Mau pilih hidup dengan mode pilot otomatis menyala, bangun, sarapan, berangkat kerja, kerja, pulang, makan malam, tidur? Atau, gak ada deh otomatis-otomatisan, dan sesekali memilih melewati jalur yang sama dengan cara yang berbeda, atau menikmati pemandangan yang berbeda, atau melewatinya dengan orang yang berbeda?

Segala sesuatu yang otomatis emang sering memudahkan dan menyenangkan, tapi juga membosankan gak sih?

No comments:

Post a Comment