12.11.06

Bersin si Pertanda

Sebel banget, barusan mendadak mau bersin tapi gak jadi. Pernah gak ngalamin kayak gitu. Pernah ada yang bilang, kalau mau bersin tapi kayaknya bakal gak jadi, buru-buru liat matahari. Lah, gimana mau liat matahari, secara sekarang udah jam 8 malam aja. Aku coba liat lampu, gak ngefek apa-apa.

Photobucket - Video and Image HostingMakanya, aku tuh paling suka kalo udah bisa bersin. Lega banget rasanya. Untungnya sih, bersin aku gak pernah pakai suara aneh-aneh atau suara khas, atau dengan kekerapan yang khas. Kayak Mas Agungnya Lusi yang kalo gak salah tiap bersin pasti tiga kali, dan sekarang si anak yang lagi lucu-lucunya - halo Malik! - mulai kelihatan mengikuti jejak sang bapak.

Baru beberapa tahun lalu, aku ketularan kebiasan untuk bilang,"God bless you" pada orang yang bersin. Aku baru tahu loh ada kebiasaan seperti itu di beberapa negara. Asal usulnya darimana, entahlah. Aku suka kebiasaan itu. Bentuk doa, kan.

Mungkin karena katanya kalau mau bersin itu pertanda sakit, eh, atau kalau gak jadi bersin, katanya sakitnya bakal jadi. Halah halah. Tapi kalau bersin tiga kali, katanya ada yang kangen *gubrak*.

Kalau barusan aku gak jadi bersin, apa berarti sakitnya yang bakal jadi ya? Yang pasti, beberapa hari kena gejala flu dan batuk sih, tapi baik flu dan batuknya gak jadi, yang ada suaraku hilang. Kayak orang kecapekan (dan kayak waktu abis ngospek *tersipu-sipu*). Kata Iwing, itu tuh sebetulnya flu-nya. Halah, teori baru? Lapor bos suara ilang, Tya bilang suaranya jadi seksi *halah! tapi ribet aja musti siaran kayak gini*

Ah, terus humming, dengan harapan jam 10 malem suara membaik dan besok pagi biasa siaran (bos nyuruh ngasih kabar jam 10 malem). Tapi, kalau gak salah, jantung kita manusia itu kan berhenti berdetak ya pas bersin?