26.9.06

10 yang Aku Benci di Bulan Puasa

Ada 10 hal yang aku benci dari bulan puasa:
  1. Menjelang bulan puasa, semua kegiatan dipadatkan. Atas dasar pertimbangan: sudah mau bulan puasa, semua harus diselesaikan sebelum bulan puasa dimulai? Haaa?!?
  2. Jam kerja yang berubah. Di atas kertas loh, alias kenyataannya, tetep aja pulang sore dan gak akan diitung lembur kan. Lebih menyebalkan karena tiba-tiba urusan menelepon instansi lain, apalagi pemerintah, jadi perlu penyesuaian besar-besaran, dan gak jarang berimplikasi ke urusan jadi agak (banyak) terbengkalai
  3. Acara tivi yang tiba tiba menjadi begitu (sok) religius. Tidak ada pilihan, kecuali berlangganan tivi kabel. Bahkan acara gosip berubah jadi absen artis. Hal yang ditanya: kegiatan selama bulan puasa. Emang musti berubah ya?
  4. Tempat makan tutup. Untungnya tinggal di kota (masuk kategori) besar. Banyak tempat makan buka, walaupun acara makan menjadi seperti melakukan kejahatan, sembunyi-sembunyi dan ditutup-tutupi (walaupun kayaknya korupsi sih udah gak pake sembunyi dan ditutup-tutupi ya)
  5. Tidak boleh makan dan minum sembarang. Pada hari pertama, aku betul betul lupa, dan aku betul betul haus, dan minum di dalam mobilku sendiri. Selamatlah, seluruh mata memandangku seakan-akan aku ini melakukan dosa besar (aku gak tau, dosa besar itu apa ya?). Soalnya (katanya) aku harus toleransi. Coba aja ya, kalau pas di kantor kantor, terus ada yang minta duit pelicin, juga dipelototin abis-abisan, pasti seru! (Biasanya malah ditanggep dengan senyum basa basi).
  6. Rumah makan menjelang jam berbuka jadi ramai gila-gilaan, apalagi yang terkenal. Orang rela banget nungguin dari jam 5 demi dapat tempat duduk. Pastinya untuk acara buka puasa bersama dong! Sebetulnya acara buka puasa bersama ini satu-satunya hal paling ngangenin dari bulan puasa. Sangat aku suka. Soalnya, entah kenapa di bulan puasa kayaknya orang lebih rela meluangkan waktu untuk bisa berbuka bersama, makan malam bersama, padahal di 11 bulan lainnya pasti sulit sekali untuk berkumpul bersama.
  7. Tempat hiburan malam tutup. Aku sendiri gak pernah lagi maen maen ke dunia gemerlap itu, tapi aku inget banget bagaimana salah satu temenku keteteran finansial karena tidak dapat pemasukan selama bulan puasa, padahal dia mau ngirim duit buat lebaranan.
  8. Banyak sekali pengemis, tukang minta-minta dan semacamnya.
  9. Macet gila-gilaan menjelang jam berbuka, tiba-tiba semua orang seakan-akan kebelet pipis atau apalah. Kebelet berbuka puasa sih. Heran deh, dimana tuh "menahan hawa nafsu"nya? Bisa ambil jalur seenaknya (terutama motor, kan bisa nyelap nyelip sembarangan, dan atas nama sabar, kalo keserempet sampe tergores-gorespun mohon disabarkan sajalah!). Perhatiin deh muka-muka orang di kendaraan menjelang berbuka puasa, apakah menunjukkan kesabaran? Ah, jangan bilang itu kelakukan sebagian kecil orang, kalau itu kelakukan sebagian kecil orang, gak akan ada macet gila-gilaan di setiap jam menjelang buka (setidaknya di Bandung dan Jakarta nih)
  10. Semua orang (katanya) harus lebih sabar dan menahan hawa nafsu, tapi di bulan puasa gini, berani-berani nulis sesuatu seperti ini pasti udah di haramjadah (aku yakin, aku bakal disumpah-sumpahin gara gara ini). Sebetulnya yang gak puasa kayaknya jauh harus lebih menahan diri (mana gak dapet pahala lagi kan?). Yup. Walaupun aku sangat sangat suka buka puasa bersama dan tajil (ohh, aku jatuh cinta prosesi makan tajil deh), tapi tetap saja, 10 hal ini bikin aku enek.

5 comments:

  1. novita9:04 am

    I can't be more than agree with you.
    And I adore your brave to write this out of your mind.

    you go girl !!!!

    ReplyDelete
  2. Hai Mel, iya begitu smp sini aku langsung inget bangeut pas kita jalan2 disini, all still the same! Wish u were here with me again :)

    Btw, ramenya org siap2 buka puasa ngangenin juga loh kalo lagi puasanya jauh di negri org kyk skrg, hehe... atau ngiler liat org laen makan :)

    ReplyDelete
  3. Anonymous6:43 pm

    buset dah lo mel :)
    fed up bgt ya ama hal yang berbau relihious (begitu bos gue ngucapinnnya)


    nice to see you here


    jefry

    ReplyDelete
  4. hey, I just got a free $500.00 Gift Card. you can redeem yours at Abercrombie & Fitch All you have to do to get yours is Click Here to get a $500 free gift card for your backtoschool wardrobe

    ReplyDelete
  5. hey, I just got a free $500.00 Gift Card. you can redeem yours at Abercrombie & Fitch All you have to do to get yours is Click Here to get a $500 free gift card for your backtoschool wardrobe

    ReplyDelete