2.8.06

Plesir Kuliner Aceh... (utang lama)

Memang cuman 7 minggu, tetapi dikelilingi orang-orang gila makan, jajan dan jalan serta napsu memburu yang tinggi, membuat aku tidak bisa tinggal diam melewati berbagai tempat wajib kunjung selama di tinggal di Aceh. Tempat-tempat yang sekali dua, menimbulkan rasa kangen.

Tempat makan diurut berdasarkan urutan suka-suka, alias sekeingetnya, jadi gak boleh protes. Mulai dari makan berat ya, kelas kelas resto gitu deh

  1. Restoran Banda, tentu saja untuk kepiting saus aceh-nya. Mantab. Lokasi di Peunayong, deket dengan satu-satunya ATM BCA disana, tapi berseberangan. Sialnya aku cuman sempet makan di tempat itu sekali, itu pun atas kebaikan hati mba Okol tentunya. Hanya, kalau habis makan ingin minum juice terong belanda, coba ke warung sebelahnya aja. Boleh kok pesen ke sebelah (ini satu hal “cool” dari resto/ warung di Aceh). Restoran Banda sendiri memang banyak direkomendasikan orang. Lebih seru makan rame-rame, supaya bayaran bisa bagi bagi rame-rame juga tentunya.
  2. Restoran Padang Bunda. Menjadi istimewa karena bo, susah ya nyari makan padang yang padang gitu. Harga selangit impas dengan rasa, kebersihan dan pilihan makanan di resto yang dipunyai oleh yang punya Pante Pirak.
  3. Melodia. Lokasi di Setui (a.k.a Teuku Umar). Coba deh tom yam udangnya. Buset. Enak banget. Seger banget. Datang ke meja biasanya masih panas, dengan rasa asam, sedikit pedas, sedikit manis. Paling pas kalau udah ada masalah ama tenggorokan dan nafsu makan lagi ada di titik terendah. Tempatnya kecil, jadi cepet penuh apalagi di jam-jam makan. Kalau udah gitu, musti sabar nunggu deh.
  4. Ayam Tangkep di Aceh Rayeuk. Ke arah mau ke bandara atau ke Lampulo. Ada dua sih di jalan itu, aku suka yang pertama dapet (dari arah Banda Aceh). Ayam tangkap atau ayam sampah, entah deh. Ayamnya dipotong kecil kecil gitu, potong 20 kali, atau potong 40 (saking kecilnya), terus digoreng dibakar pake dedaunan dan cabe hijau. Satu porsinya 45 ribu, jadi mendingan di makan rame-rame deh. Cocok banget buat acara acara spesial. Konon ayam kayu – sejenis gulai – juga enak. Hanya saja, untuk alasan yang aku bilang di akhir tulisan, aku gak terlalu nge-fans ama makanan ini.
  5. Imperial Kitchen. Nama berbau Cina, tapi interior serasa ada di Bandung, soalnya Sunda pisan euy. Lagi-lagi yang berbau thai-nya top banget. Sayur-sayurannya nikmat banget. Pas banget kalau datang rame-rame. Secara susah banget menetapkan pilihan mau makan apa (kalau rame-rame bisa saling icip icip kan), terus bisa sharing bayaran doong.
  6. Purnama di Peunayong. Ini sih makanan harian aku. My daily restaurant. Pernah dikecam Febi soalnya sekali waktu pesanan dia tak kunjung tiba (sampe detik ini…kekekekekek). Aku suka semuanya. Menu rutin aku adalah capcay atau cah kangkung plus ikan. Bisa asam manis, bisa di steam, bisa ditumis. Semua enak. Segar karena baru banget dimasak. Favorit aku sih di masakan ikannya deh. Juicenya juga mantap, dan coba deh es telernya. Enak. Paling cocok makan berdua deh, kalau sendiri, kecuali laper agak susah juga ya habisnya.
  7. Pace Bene. Tempat aku makan tuna jera. Sebetulnya sih lebih enak buat minum bir atau wine ditemani langit. Cocok untuk didatangi malam-malam. Bukan kenapa-kenapa, bisa bayaning makan di atap bangunan lantai 3 (atau 4 ya?) siang bolong di Banda Aceh dengan suhu yang terkadang bisa sampai 37 derajat? Terimakasih deh. Cuman kalau datang pas Jumat Malam, musti dateng agak “sore”, maklum tempatnya bakal penuh banget deh. Tips: jangan coba makan tunanya deh, sumpah, mendingan minum-minum aja deh. Enak banget. Tempatnya mengingatkan aku sama potluck! Satu hal lain, disini expat bule atau lokal gak mendapat perlakuan beda. Kenapa begitu? Silahkan coba sendiri ya.
  8. Resto Sunda apalah namanya, deket Kodam. Baru buka banget. Punya nasi timbel unik yang disajikan di nampah! Enak banget. Memuaskan kekangenan ama lalab, ama ikan goreng. Disini, mau coba juice sawi nanas juga bisa kok! Febi atau Mba Okol, tolong dong, aku lupa banget namanya.
  9. Resto khusus yang gak halal. Wah kalo yang ini, kontak aku langsung buat dapat nasi campur dan kuetiaw yang bikin napsu makan banget itu yaaa…kekekek
  10. Sate di Setui. Tempat tepatnya musti nanya Rakel nih. Satenya enak banget, walopun tempatnya suka penuh bange (plus asap lagi). Saos kacangnya pas. Ayamnya juga enak. Kecil-kecil sih potongan dagingnya. Bisa pake lontong. Buset, nulisnya aja bikin laper!
  11. Nasi Gurih deket Mie Razali. Nasi gurihnya sebetulnya biasa aja, kayak nasi uduk di-rames deh, tapi lumayan sih buat makan pagi.
  12. Nasi Gurih Pak Rasyid di depan Baiturahman, gak sempet nyoba euy.
  13. Ikan bakar di dekat jembatan Surabaya. Bisa ditawar, pilih sendiri ikannya, tawar menawar harga terus tinggal pilih mau dibakar atau digoreng. Ada hanya di malam hari ya.
  14. Tropicana, di Peunayong. Gak sempet juga nyoba. Oke buat seafoodnya, kata orang-orang loohh.
  15. Rumah Makan Siang Malam katanya punya es teler yang enak. Sial, belum sempet kesana. Ada yang tau dimana?
  16. Restoran Turki (kalo kata mereka yang kesana: restoran turkiyeh). Enak, selama perut sudah diganjal makanan lain. Maklum, menunggu pesenan itu sempet kali ke Jakarta dulu pake pesawat (hiperbolis oh hiperbolis)
  17. Kafe PP, lagi-lagi belum sempet kesana. Mohon bantuan petunjuk lokasi juga nih kepada para penguasa kuliner Banda Aceh.

Secara aku punya kegilaan ama mie dan babasoan, ini daftar selanjutnya

  1. Mie ayam blower. Terletak setelah blang padang atau apa ya? Arah mau ke Ulee le. Agak masuk sih, musti pede untuk masuk ke dalam. Kalau udah lewat lapangan, dari arah balai kota ya, nanti di sebelah kiri ada DinSos, udah langsung belok kiri di belokan pertama. Ikutin aja jalan utama itu. Sekitaran 5-10 menit dari situ, pasti nyampe. Lokasinya di sebelah kiri. Biasanya gampang keliatan, wong rame kok. Rasanya jawa banget…kekekeke. Tipsnya, minta kuahnya dikittt aja, dan pake basa basi basa Jawa saja ya, siapa tau dapat bonus. Bonus apa? Ada aja :)
  2. Mie baso Sari Rasa. Namanya Sunda banget ya. Terletak di Lamprit, sebelahan ama dokter beken itu tuh, di Cempaka Lima itu. Aku sih suka yang bihun basonya, biasanya dengan Tahu Baso Gorengnya. Sekilas rasa sih mirip baso malang, tapi tampilannya jauh. Boleh banget dicoba kalau agak males makan dan cuman pengen ngemil.
  3. Mie baso deket Simpang Lima, depan bekas kolam renang. Enak kalo kuahnya juga dikit kali ya. Lebih jawa dan agak berasa baso kampung gitu.
  4. Mie baso depan resto Purnama, masih di Peunayong, deket banget Rex depan hotel itu. Enak deh, beneran, seger gitu. Baso kecilnya lumayan. Apalagi bisa sambil makan kerang gitu disitu. Juice terong belandanya, kalo gak salah disini lumayan seger deh. Disini enaknya makan itu sore ke malem sih, mudah2an masih ada.
  5. Mie pangsit di Peunayong deket Tropicana. Yang jual cici. Mirip banget ama mie pangsit/ mie campur di Sabang yang enak itu. Rasanya seger dengan seledrinya, sebetulnya kuahnya gak macem-macem. Justru itu kenikmatannya. Aku juga jadi inget mie pangsit Siantar deh makan disini. Bukti kenikmatannya: Pak Ramli bisa makan mie ini dua mangkok sekaligus loh.
  6. Mie kepiting di Rex, letaknya pas di pojokan ke arah Pace Bene. Enak banget deh. Pedes, nikmat. Makan sambil duduk di tempat duduk yang kayak mau bikin jatoh itu, sambil beratapkan langit (tsah). Enaknya sih laper banget, cuman bocoran kalau mau beli juice terong belanda jangan yang di deket situ deh, gak gitu seger.
  7. Mie kocok 88 Lamprit. Belum pernah sempat coba, tapi cukup direkomendasikan oleh banyak orang, walaupun dengan tips: jangan bayangin mie kocok bandung yaaa
  8. Mie baso di Neusu, persis deket lapangan situ, pas di pengkolan.
  9. Baso urat, wah yang ini musti nanya lebih jauh ke Kang Osa ya. Maklum, aku bukan fans baso urat, jadi gak terlalu ngotot untuk bisa mampir ke tempat ini.
  10. Mie kepiting Siman. Uh, musti nanya Pak Pingky untuk tau lokasi tepatnya, atau mungkin (lagi-lagi) Febi, sebagai “ibu kos” yang baik yang sering mengajak berwisata kuliner.

Ngupi-ngupi, nongkrong-nongkrong:

  1. Caswell, untuk masa-masa kaya alias banyak duit. Maklum kopi seharga Rp 25.000 jelas bukan barang normal di Banda Aceh. Biarpun gitu, tempat ini menjadi penyelamat di kala otak mampet. Aku biasa ngabur disini untuk kerja tenang, sepi sambil minum pepermint tea-nya. Terkadang pake cheese cake-nya, yang, serius, enak banget. Rasanya meleleh gitu di mulut (emang enak atau karena barang langka jadi terasa berkali lipat enaknya ya?). Untuk perokok lebih baik ke lantai 2 karena di lantai dasar gak bisa merokok. Suasananya emang enak banget buat menyepi, buat curhat (sampe ter-mewek-mewek loh). Mau makan juga oke, tapi porsinya superduper besar loh.
  2. Ulee Kareng, tentu saja Jasa Ayah. Tempat kopi sangir paling nikmat yang bikin ketagihan. Tempatnya biasa banget, dan lebih enak pas musim bola, pas lagi jam main bola, disana agak sepi. Jadi bisa ngobrol. Biasanya, ngobrolnya musti teriak-teriak. Kopi sangir pahit seharga 3000 perak, yang katanya udah mahal (karena biasanya seribu perak udah dapet kopi enak kok, kopi itam enak). Disini juga bisa beli oleh oleh kopi ule kareng yang terkenal itu. Jajanan pasar disini banyak, termasuk sarikaya yang bener bener legit. Emang jangan lebih dari satu mangkok sih nyobanya.
  3. Ule Kareng, ke restoran terapungnya. Tempat-tempat ini rasanya lebih banyak disukai oleh orang lokal, seperti para surveyor tersayangku. Model-model kafe di Bandung sih, tapi entah ya, buat aku kopinya masih lebih asik Jasa Ayah, tapi untuk duduk-duduk sih enak, lagian ada pilihan makanan beratnya.
  4. Chek Yuke, juga untuk kopi, terletak dekat banget dengan Mesjid Raya. Mirip ama Jasa Ayah. Lebih sering dikunjungi karena lokasinya di pusat keramaian, lebih mudah dateng kesini daripada Ule Kareng. Pilihan tetap ke sangir pahit kok.
  5. Pocut Baren, warung kopi agak gede yang paling deket kantor dan rumah. Pertama kesini dengan Kang Maman dan Kang Osa. Langsung ngabisin 4 potong roti pakai selai srikaya yang enak banget. Emang sih waktu itu laper. Pocut Baren punya kopi dan jajajan mirip Jasa Ayah. Kalau gak nyempet ke Ule Kareng, main aja kesini. Letaknya di jalan Pocut Baren, dekat gereja GPIB.
  6. Warkop Dirgantara. Aku diajak Rakel ama Richard. Boss yang punya pernah tinggal di Bandung di daerah Cicaheum. Disini sangir agak tidak dikenal, tapi kopinya tetep mantep. Roti disini, kayak roti bakar Bandung. Lokasinya ada di Peunayong, deket Banda Resto.
  7. Warung kopi lainnya. Letaknya biasa ada di setiap perempatan, satu yang menjadi tempat “dugem” anak-anak URDI aja terletak dekat rumah, di perempatan dengan tampilan luar yang sama sekali tidak menggoda deh. Tapi kopinya tetap mantep. Karena ritual minum kopi yang kuat, dimanapun, warung kayak apapun, rasanya kopinya tetap mantep. Beneran deh, kangen banget ama kopi-murah-tapi-enak-dengan-kursi-yang- menenggelamkan itu.

Beberapa tempat di luar Banda Aceh yang bisa dikunjungi adalah kafe Vina di Calang. Lucu ya namanya. Tempat favoritku sih ada di Sabang, mie pangsit yang ada di jalan utama yang banyak tokonya itu. Buset, sampe males kenal tempat lain deh. Enak banget, porsinya juga pas.

Rasanya masih banyak yang gak ketulis, apalagi kalo tempat ngupi ngupi ya. Kalau mau tanya-tanya lebih lanjut silahkan, mau tambahin boleh banget. Untuk makan sehari-hari, aku memang mengalami kesulitan, entah kenapa bahkan sampai saat ini, aku masih trauma dengan makanan bergulai. Buset deh. Disana, rempahnya tajam. Kalau pedas doang sih gak masalah, tapi tajam banget. Kalau perut lagi bermasalah, maag kambuh, bener bener bukan sahabat terbaik. Belum lagi urusan menunggu, bener bener bukan buatan deh urusan nunggu, kadang bisa lama banget. Terus secara umum, jarang ada makanan segar dalam artian semua baru dimasak. Ini sih pengamatan terhadap “warteg” dan “kantin” disana ya.