17.8.06

Pesta Republik Indonesia?

Buat aku, setiap ulangtaunan adalah berbagai kebahagiaan. Aku menyukai ritual ulangtaunan. Boleh ada yang gak setuju, dan bilang itu hura hura. Boleh kok. Hanya saja, aku menyukainya. Sangat. Paling pas rasanya bersama dengan orang orang yang kita kasihi. Ulangtaunan juga masa yang pas untuk merefleksikan banyak hal. Basi gitu? Yah, basi sih kalo cuman gitu-gitu aja. Tapi rasanya kok aneh sekali, jalan gak sempet mikir, udah di bener gak, udah pas gak, dan seterusnya. Kebayang deh, kalau mau jalan ke satu tempat pasti kita musti mastiin kalo jalurnya bener dan meyakinkan diri kalo kita akan sampai di tempat itu, kan. Hidup juga seperti itu, kan. Apalagi hidup hanya satu kali, alias kalo itu mah perjalanan, kita sendiri belum pernah tau tempat tujuan itu, belum pernah kesana, jadi musti sering nge-cek. Entah nanya ke orang, entah liat peta atau contekan apapun yang kita punya yang ngasih tau cara-cara nyampe ke tempat tujuan itu.

Punya tempat tujuan aja musti cek dan ricek, apalagi yang belum tau mau kemana. Buset, mau muter muter ampe habis bensin? Iihh, enggak banget.

Momen untuk nge-cek sih ada banyak, buat aku paling pas rasanya pas ulangtaunan.

Photobucket - Video and Image HostingItu kalau yang ulang taun diri sendiri, gimana kalo yang ulantaunan adalah satu bangsa? Kepikir gak, kalau ujungnya aja gak ada yang tau mau kemana. Pusing kepala tentunya. Katakanlah ada ujungnya, biar gimana kan musti tetep cek dan ricek. Sialnya kalau tiap individu punya ujung yang beda-beda. Repot. Ada yang mikir ini ujungnya A, ada yang bilang B, ada yang bilang alaaa gak perlu ujung-ujungan deh, karena aku ini adalah penduduk dunia - the world citizen.

Kebayang kan, bisa saling tabrakan dan hancur lebur deh.

Pas banget kalau kemudian ada saat untuk melihat, apa udah di arah yang pas, yang dipengenin. Kalau udah sempet berbelok, yah musti balik lagi dong. Mendingan agak lama dikit tapi tetep ke titik yang sama kan?

Ketika ada yang merayakannya "hanya" dengan balap makan kerupuk, balap kelereng, karung (masih ada gak sih permainan ini semua), panjat pinang dan bagi bagi susu gratis (ini di Pangkal Pinang nih), oke oke ajalah. Bisa jadi itu cara untuk seenggaknya sadar, kita gak sendiri tapi satu sekumpulan besar yang mustinya sehati. Tokh, sehari-haripun gak mungkin kita bisa sehati kalo buat bebersih bareng sajapun gak bisa.

Hanya saja, apa itu semua cukup?


Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia....