27.6.05

Email Curhat


Din
Hari ini, gue kembali ke one of those days when I miss R'dam very badly. Pagi-pagi, begitu bangun tidur, gue langsung liat buku2 ttg Rotterdam. Ada satu buku, yang secara ga sengaja jadi milik gue. Sebetulnya bukunya milik dosen Erasmus waktu pameran kemarin. Tertinggal, terus gue pegang aja dulu. Gue lihat-lihat sambil mengingat setiap detilnya. Rumah gue (untungnya dekat CS, jadi ampir selalu terpotret). Jalan2 yang selalu gue lewatin. Tempat2 gue nongkrong sehari-harinya. Tempat gue jalan2, tempat gue kuliah, nonton, dugem (well, bukan dugem-dugem amat sih sebetulnya ya), minum, dansa, dan banyak lagi. Gila deh, Din, gue ampe bisa ngerasain bangku trem, goyangannya, rasanya nyeklek karcis, plus sarung tangannya (karena biasanya kalo gue pake tram berarti lagi dingin2nya, atau lagi males2nya naik sepeda tuh), gue keinget kerasnya angin di depan Weena, sampe pengalaman pertama gue gak bisa maju sama sekali, malah ampir jatuh gara-gara angin. Teringat jalur Weenapad-Woodestein, yang kalo naik sepeda kadang gue suka patah semangat, tapi kadang juga membuat gue mikir tiap hari, untuk ambil jalur baru apa lagi, sambil asik ngewaktuin diri sendiri (padahal bukan pertandingan loh). Gue sampe bisa ngerasa pegangan tangan sepeda gue, dan kemudian sepeda Pawel yang tinggi banget itu dengan rem yang model dikayuh ke belakang itu. Inget Dudok dengan ruangannya itu. Terus, ngeliat Erasmus Bridge, gue teringat semuanya disana, juga termasuk New York Hotel tea, tempat gue menyeret elu minum Bailey's (tapi suka kann). Gila deh, Din, saking kangennya, rasanya gue bisa ngerasain udaranya, hawanya. Jalan-jalan malam kesana, sambil pake perahu nyebrang ke New York Café, liat Rotterdam waktu malam.

Ngeliat taman-tamannya, inget jalan2 gue disana, inget waktu gue suka cari inspirasi nulis di taman-taman itu, sambil jalan-jalan pegangan tangan, gue ampe pengen nangis deh saking kangennya. Rasanya bahkan hal kecil kayak telepon umumnya, trotoar yang gak terlalu tinggi sampe garis batas jalur sepeda bikin gue begitu kasuat-suat. Mungkin gara-gara liat foto beberapa temen, gue jadi keingetan. Serunya ganti kostum pas ganti musim. Walopun gue suka sirik, kapan ya gue bisa beli jaket yang mahal-mahal itu. Garing juga sih, pas udah ngeliat baju-bajunya mereka di beberapa foto, beneran ya, Din...kalo urusan dandan, duh, suka payah banget deh mereka itu. Dengan jaketnya yang betul betul lebih mentingin fungsi (dasar gue kan, hidup gaya! Kekekekek). Gue teringat ama sepatu boot gue itu, yang akhirnya gue tinggal di sana karena udah terlalu banyak bawaan gue.
Ah, udahlah, puas-puasin liat foto, sambil ngetok kayu tiga kali nih, mudah-mudahan bisa jenguk lagi dalam waktu dekat.