21.5.05

7 Jam Medan-Tarutung

Duh, ternyata perjalanan ke Medan-Tarutung begitu melelahkan.

Waktu sampai di Medan, cuaca di atas buruk banget. Deg-degan juga, soalnya awannya hitam gitu. Agak agak gonjang ganjing, tapi gak terlalu parah sih. Pilotnya sih cukup andallah, wong pas mendarat gak terlalu berasa kok.

Seperti biasa, suasana garing terjadi. Mau turun pesawat aja kayak orang paling sibuk dan paling musti cepet banget deh. Pesawat masih mau parkir, di luar hujan deras banget, tapi orang-orang udah berebut keluar. Mereka kepikir gak sih, tokh mereka juga musti nunggu bagasi mereka kan?

Hari pertama, aku dan Kris adikku jalan-jalan ke Sun Plaza, mall-nya Medan yang baru deh kayaknya, soalnya terakhir kesini belum ada tuh. Pengen makan, kelaperan berat. Kebayang-bayang saladnya Pizza Hut. Begitu masuk, Aku langsung nanya ke satpam aja, apa ada Pizza Hut, soalnya kayaknya ada papannya sih di luar gedung. Eh, si satpam malah bengong. Dia nanya kalau mau makan di lt. 4, di food court saja. Duh, aku agak tidak terlalu suka makan di food court, gak nyaman. Aku coba jelasin ulang, kalau aku cari tempat makan, resto atau apapun tapi jangan food court. Eh, malah dia nunjukkin Starbuck dan Expresso Café sebagai tempat makan. Aku bengong, dan bilang ke Pak Satpam, wah itu mah tempat ngopi. Eh, itu Satpam tidak terima, dia langsung ngebales, katanya disitu juga bisa makan dengan tentu saja memberi pandangan "duh kasian deh elu" ke aku. Duh, nyerah deh, Pak Saptam memang bener, tapi duh, aku gak terima gitu penjelasan dia. Ya sudahlah, aku dan Kris milih ke Texas aja, paling deket, tokh ada sop kacang merah yang aku suka, walopun nasinya super duper keras. Ternyata oh ternyata Pizza Hut tidak jauh dari tempat aku nanya loh! Kesel banget dan nyesel banget tadi tidak mau jalan sedikit lebih jauh karena udah kelaperannya. Biar udah makan, tetep deh aku beli saladnya.

Itu di malam minggu. Besoknya aku kesana lagi ama papi yang baru dateng dan mami yang semangat 45 karena penyandang dana sudah datang. Aku ngeliat Spice Garden yang biasa ada di Sogo. Semangat banget dong, wong aku doyan banget ama baso-baso-an yang suka ada di Spice Garden. Tapi kejutan lain menanti, ternyata disini mah sistemnya musti mesen gitu deh, gak ambil sendiri. Dan para pelayannya itu terlalu semangat 45 untuk nawarin dagangannya. Mengganggu banget.Yah, sebetulnya sih mungkin gak ganggu-ganggu amat ya, cuman Aku gak biasa. Aku udah punya gambaran musti kayak gimana tempat itu tuh, jadinya shock aja pas tidak sesuai dengan gambaran yang ada di otak.

Duh, entah kenapa ya, Aku selalu aja ngerasa musti ribut-ribut ama pelayanan selama di Medan. Rasanya ada ada aja cacatnya deh. Bisa jadi karena dari aku-nya sendiri udah kayak gitu ya, udah antipati duluan. Kalau dulu-dulu sih aku suka santai aja, masih dengan senyum. Tapi perjalanan kali ini, semua emang udah dicemberutin duluan deh apalagi kalo udah lelet atau bego. Cuman, kalo udah diduluin ama senyum suka luluh sih.

Entah karena apa, aku juga sakit-sakitan selama disini. Perut sakit mulu. Badan meriang. Kepala pusing. Bawaannya pengen muntah mulu. Kacau deh. Udah makan mylanta. Udah minum calcium sandoz. Udah minum susu (walaupun bikin kembung). Napsu makan jelek.

Image Balige dengan background Danau TobaUntungnya perjalanan Medan-Tarutung begitu menyenangkan. Sangat menyenangkan. Memang aku sangat menyukai perjalanan keluar Medan. Terutama setelah mulai mendekatan Siantar, perjalanan ditengah-tengah perkebunan. Hanya saja kali ini, aku tidak mampir di Bandar, tempat nenekku, tapi langsung ke Siantar. Tadinya mau makan pangsit di sana, tapi akhirnya malah makan di lapo (makan pangsitnya dalam perjalanan pulang ke Medan). Apalagi penggalan di sekitar Danau Toba, di daerah Prapat. Sangat indah. Beneran deh. Aku selalu suka melihat Danau Toba, Samosir, dan monyet-monyet yang berkeliaran di pinggir jalan. Sempat berhenti sebentar di Sipanganbolon untuk melihat tempat kelahiran ayahku (selama ini dia tahunya lahir Prapat, sampai beberapa waktu lalu jelaslah kalau dia lahir agak sedikit di “sebelahnya” Prapat). Perjalanan di daerah Balige juga selalu menyenangkan (walaupun lebih menyenangkan dari arah Tarutung ke Prapat dari sebaliknya, soalnya bisa lihat Danau Toba). Beneran deh, perjalanan 7 jam Medan-Tarutung itu tidak terasa. Foto dan rekaman video sih banyak, tapi belum sempet diulik, masih didiemin di kartu memori. Tunggu saja tanggal mainnya, nanti aku upload di yahoo, kok.

Pagi di Tarutung-dari depan kamarTarutung juga ternyata sangat menyenangkan. Kota kecil yang adem yang cenderung dingin, berkabut dengan gerimis di pagi hari. Dibilang romantis…bisa bisa, tapi kalau inget itu kota Batak, agak susah ya buat aku untuk membayangkan sesuatu romantis. Kekekekekek. Seandainya saja ada sepeda, pasti asik deh untuk puter-puter kota. Sayang, gak terlalu bisa dilakukan, karena persiapan acara martupol. Satu hal, begitu di Tarutung, pelan-pelan sakit perutnya sih berkurang. Atau jangan-jangan aku sakit kepikiran martupol ya? Padahal yang martupol itu adikku loh.

Cerita tentang martupolnya entar ya, butuh energi sendiri.

Sekarang, aku sudah di Bandung, oleh-oleh kacang tarutung sudah menipis (maaf buat yang mau, mudah2an nanti masih bisa disimpen deh). Cape sudah hilang, tapi mood berlibur masih tinggi. Makanya, baru mulai ulik komputer dan kerja nih. Utang kerjaan numpuk…