15.3.05

1+1=1

Beberapa waktu lalu, sahabatku Dindin baru saja merayakan ulang tahun perkawinan mereka. Saat itu, tiba-tiba aku teringat beberapa pasangan yang mempunyai kemiripan dengan Dindin dan Rene. Misalnya saja Unieng-Marcel, Aida-Rochus, Hermina-Rene, Amanda-Joris, Yanu-Norbert, Mansi-Bram, Loucee-Laurent dan beberapa pasangan lainnya. Pernikahan dua orang yang berasal dari bangsa yang berbeda.

Selalu ada berbagai praduga terhadap pasangan-pasangan seperti ini, herannya sedikit yang bersifat positif, biasanya cenderung negatif. Entah kenapa. Aku tidak mau ambil pusing dengan yang negatif.

Pernikahan seperti ini memang mulai marak. Buat aku sih, sesuatu yang menyenangkan untuk melihat itu semua. Melihat bahwa cinta tidaklah harus dibatasi ini itu, dalam hal ini tidak dibatasi oleh sebuah kewarganegaraan. Indah, walaupun kalau mengingat beberapa hal yang pernah disampaikan mereka, hal itu juga bukanlah sesuatu yang mudah. Tapi, hey, aku pikir segala sesuatu yang sangat berharga seringkali bukanlah sesuatu yang begitu saja bisa diperoleh, membutuhkan perjuangan dan banyak sekali cinta.

Aku bersyukur bisa mengenal mereka, bisa belajar banyak hal. Bukan berarti hubungan dengan orang yang berkewarganegaraan sama tidak bermasalah loh, eits tunggu dulu, coba saja mencoba membangun hubungan antar suku di Indonesia, sama sekali bukan masalah sepele (malah kadang aku pikir itu bahkan jauh lebih bermasalah daripada pernikahan antar bangsa!).

Dindin sudah aku kenal sejak, hmm, hampir 10 tahun yang lalu. Dindin-Rene sudah aku kenal sejak beberapa tahun yang lalu, sejak masa pacaran, masa tunangan dan menikah. Suatu kehormatan bisa ikut terlibat dalam persiapan pernikahan mereka dan berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan mereka berdua.

Melihat mereka beberapa tahun terakhir, juga membuat aku sadar, cinta memang lebih sering tidak mengenal aturan ini itu, seringkali tidak masuk diakal, seringkali disepelekan, tapi kekuatannya begitu besar. Aku yakin kekuatan cinta membuat mereka sampai di titik ini. Aku yakin kekuatan itu masih akan memampukan mereka merayakan ulang tahun perkawinan yang selanjutnya dan selanjutnya dan selanjutnya.

Mudah-mudahan aku bisa merasakan kekuatan cinta sebesar itu.

Selamat ya, Din. Aku senang sekali melihat kalian berdua, mencoba melalui berbagai hal dalam hidup kalian suka dan duka. Dipupuk aja terus… GBU!