3.2.05

Mau Sekolah?

Orang sekolah, motivasinya memang macam-macam, terutama untuk pendidikan lanjut. Mau meneruskan dari pendidikan menengah ke pendidikan tinggi, pasti memiliki beberapa motivasi, apalagi kalau mau meneruskan ke pendidikan lanjutan.

Beberapa hari ini, aku menyaksikan betapa begitu banyak orang yang memutuskan untuk Mengambil Master. Apapun alasannya! Jangankan alasan melanjutkan ke jenjang master, ditanya jurusan yang diminatipun, sebagian besar masih tidak tahu. Apa saja asal master!

Duh, belajar itu bukanlah sebuah kewajiban sejarah lain.

Aku pikir, kita bersekolah haruslah dengan tujuan untuk memperoleh ilmu baru, pengalaman baru atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab. Aku tidak pernah habis pikir ketika seseorang memutuskan bersekolah untuk mengejar selembar kertas bercap ijazah. Buat apa? Apa sih yang ingin dibuktikan dengan selembar kertas tersebut? Bahwa dia adalah orang yang lebih p-i-n-t-a-r? Nanti nanti dulu, deh.

“Pokoknya saya harus sekolah lagi, mau ambil master, jurusan apa saja deh, kalau perlu yang gampang dapat beasiswa ya, Mba!” sambil mengambil brosur kuliah yang beranekaragam dari ekonomi, hukum dan kesehatan secara sambil lalu.

Gosh...