3.1.05

Tahun Baru

Baju baru ada karena sebelumnya kita sudah punya baju, beberapa mungkin sudah tidak dipakai, beberapa masih dipakai, tapi tetap saja, kita membeli baju baru dengan berbagai alasan.

Komputer baru ada karena yang lama biasanya diganti, apalagi kalau komputer sendiri, kecuali kalau itu komputer lama milik kantor yang biasanya akan dipindahtangankan ke pegawai baru.

Rumah baru ada berarti rumah lama tidak lagi ditinggali, entah karena pindah kota, rusak atau karena itu rumah orang tua dan kamu sekarang tidak lagi tinggal dengan mereka karena banyak hal.

Teman baru ada berarti kita juga punya teman lama, keberadaan teman baru tidak selalu berarti menggeser teman lama, sering kali berarti menambah jumlah teman.

Pacar baru ada berarti sebelumnya tidak punya pacar atau putus dari pacar lama.

Barang baru ada karena sebelumnya tidak ada atau karena sebelumnya ada barang lama. Bisa saja barang lama tersebut sudah dilupakan tetapi juga bisa tidak terlupakan. Barang lama bisa sudah tidak dipakai, bisa juga dipakai bersamaan dengan barang baru Barang baru itu, lama kelamaan akan menjadi barang lama juga.

Selamat Tahun Baru1 Januari 2005, bisa saja hanya sekedar hari baru (toh aku sendiri lebih banyak menghabiskannya dengan tidur seperti biasa, setelah kebaktian akhir tahun di gereja dan kebaktian akhir tahun sekaligus refleksi bersama dengan keluarga di rumah). Hal itu tidak menghalangiku untuk membuatnya tidak sekedar hari biasa. Tahun baru untuk aku juga adalah harapan baru untuk sesuatu yang lebih baik. Seperti hari baru yang ada di depan aku, berarti ada hari lama di belakangku, ada yang ingin aku lupakan karena usang dan sudah tidak berguna, ada yang masih ingin aku kenang, dan ada yang masih aku pergunakan bersama-sama dengan hari baru tersebut.

Ada kelahiran, ada kematian, ada tangis, ada tawa, ada peluk, ada lambaian perpisahan, ada cinta dan kasih, ada kebencian dan kemarahan, ada semuanya.

Selamat Tahun Baru untuk kamu semua.