3.12.04

Bertanyalah!


Entah kenapa, aku merasa, kita memang tidak terbiasa untuk bertanya di kelas, atau bahkan dimanapun, di tempat kerja, di tempat pertemuan, di kesempatan-kesempatan lain. Kelasku yang satu ini juga begitu. Apalagi kalo Pak Prof yang ngajar, biasanya harus ditunjuk dulu baru deh ada yang menjawab pertanyaan. Padahal, kalau dilihat dari jawaban ujian, jelas banyak yang lebih menebak-nebak kuliah yang diberikan daripada berhasil mencapai apa yang diinginkan dari kelas, dengan kata lain, seharusnya banyak yang mereka belum tahu dan bisa ditanyakan di kelas.

Lain halnya hari ini, begitu tiba giliran teman-teman mereka yang presentasi, ternyata pertanyaannya banyak, loh. Mudah-mudahan bukan karena ingin menjatuhkan teman yang sedang presentasi, ya. Suasana kelas hidup dan ribut. Ribut yang diskusi dan ribut yang ngobrol sendiri, sih. Buat aku, bukan yang terpenting untuk membuat makalah yang sempurna, dengan 1001 teori, dan presentasi yang "mentereng". Justru proses mereka berdiskusi, bertanya dan mencoba menjawab sesuai konteks dan tentu saja secara akademis, itu sangat menyenangkan.

Karena itu, aku senang sekali setiap seorang mahasiswa bertanya, menjawab, menyanggah atau sekedar mengeluarkan ungkapan apapun itu. Itu sangat membantu aku juga untuk lebih belajar, baik tentang materi, maupun tentang mereka sendiri.

No comments:

Post a Comment