29.11.04

Selamat Ulang Tahunku Untuknya

Ada yang pernah denger Lithuania? Tanpa bermaksud merendahkan ya, tapi sebagian besar bisa jadi belum pernah dengar. Aku malah bersyukur kalau kamu tahu itu tuh nama sebuah negara (aduh, pelecehan banget ya aku). Dulu, aku juga gak tau banyak tentang negara yang satu ini, kecuali bahwa Lithuania adalah sebuah negara kecil di Eropa Timur, "bekas" negara Uni Sovyet. Sudah. Segitu saja pengetahuanku.

Ternyata kemudian, aku tinggal bersama seorang dari Lithuania. Namanya Jolita Piliutyte *beneran deh, agak lama aku baru bisa nulis namanya dengan benar*. Aku harus berbagi unit apartemen dengannya selama beberapa bulan. Maunya sih 1,5 tahun, tapi Jolita harus berangkat ke Swedia untuk beberapa waktu, sebelum akhirnya kami diwisuda bersama-sama. Dia adalah salah satu sahabat terbaikku. Sahabat pertama yang aku dapat di sebuah negara yang jauh dari rumah. Kami berbagi banyak hal, tawa dan airmata. Kepusingan dengan bahan bacaan kuliah yang bertumpuk, tapi juga pesta-pesta yang tampaknya selalu ada selama masa itu. Apa yang kami yakini tidak selalu sama, malah ada beberapa hal yang sangat berbeda, tetapi entah kenapa, kami bisa begitu kompak bersama.

Hari ini, dia berulang tahun. Keberapa, itu tidak penting. Letak geografis yang begitu jauh, ketidakpastian kapan bisa bertemu kembali tidak mengurangi nilai sebuah persahabatan kan? Teman itu datang dan pergi, sih. Ada teman sewaktu sekolah mulai dari sekolah dasar sampai lanjut, ada teman sepermainan di sekitar rumah, ada teman di kegiatan-kegiatan lain di luar itu, baik itu di tempat kursus, tempat kerja atau yah, ketemu tidak terduga, termasuk lewat blog misalnya. Seringkali, teman yang tinggal di kota yang berbeda dengan kita, justru lebih sering kita temui dibanding teman yang tinggal satu kota dengan kita. Masih mending kalau hanya beda kota, kalau beda negara? Dengan kondisi keuangan sekarang, rasanya komunikasi lewat e-mail atau sms terpaksa dicukupkan.

Mungkin, kamu punya teman pena *dulu tuh, biasanya didapat dari majalah anak-anak, saling kirim surat gitu*, mungkin juga punya teman dekat yang berada satu kota tapi tidak pernah lagi bertemu, atau teman dekat yang berbeda kota, dan saat ini ulang tahun. Coba deh, cek lagi, sebuah sapaan singkat pasti akan menyenangkan.

Sedangkan untuk Jolita (ya, saya tahu, dia tidak bisa bahasa Indonesia), saya hanya bisa bilang Selamat Ulang Tahun yaa..

No comments: