22.11.04

Hari Baik?

Ngobrol ama Ayunk kemaren sore. Ngalor ngidul lah, namanya juga ngobrol sore. Cuman gak pake kopi, gak tau ya kalo Ayunk, soalnya kita ngobrol virtual.

Salah lima kalimat diantaranya adalah seperti ini:

kyuti_fluti: ultimus minggu depan pindahan dong ya?
---dihapus---
kyuti_fluti: eh, bukannya tanggal 1 desember gitu? itu bukan minggu depan ya?
--dihapus---
minke_1917: hmm...ga tau juga sih..
minke_1917: gw sendiri blom dapet tgl pastinya..
minke_1917: tergantung hari baik tgl baik mgkin..:d


Hari baik. Tanggal baik.
Apaan sih? Kamu yang sudah menikah atau pernah harus buka usaha bisa jadi pernah berurusan dengan hari baik atau tanggal baik.
Hari baik. Tanggal baik?
Buat apa sih? Supaya perkawinannya mulus? Supaya usahanya lancar? Supaya acara berjalan baik?

Apakah itu artinya ada hari tidak baik? Apakah itu artinya hari baik menjadi penentu kegiatan kita tersebut?

Ah, memang tidak ada salahnya kok, lagi pula perhitungan hari baik itu kan tidak selalu berdasarkan primbon atau itung-itungan kekuatan ini itu, kan. Aku juga suka hitung hari baik untuk bikin suatu acara, misalnya jangan pas bulan puasa untuk bikin acara musik terbuka tengah hari bolong, jangan bikin konser paduan suara di akhir bulan pas udah seret dan deket dengan jaman ujian, jangan bikin acara ospek berbarengan dengan ujian akhir atau langsung setelah ujian akhir, nanti gak ada yang dateng.

Buat aku, hari dan tanggal baik adalah hari apapun dan tanggal apapun yang kita perhitungkan membuat kegiatan hari itu bisa lebih lancar dibandingkan hari dan tanggal lainnya. Hari dan tanggal baik adalah hari dimana kita mampu melakukan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya, dan mudah-mudahan hasilnya kemudian bisa juga sebaik-baiknya karena persiapan yang dilakukan dengan sebaik-baiknya. Bukan sulap, bukan tipu muslihat.

Saat ini, hari baik buat aku, adalah hari dimana aku bisa bangun dengan segar, tidak bermimpi buruk dan bisa bilang, makasih Tuhan, hari ini akan menjadi hari baik lain buat aku.

1 comment: