29.11.04

Dulu, sekarang, dan nanti

Teringat satu tulisan yang berhubungan dengan masa lalu, masa sekarang dan masa akan datang di friendster. Ini nih tulisannya

10 tahun lalu, aku
-- baru aja jadi "maha siswa", ketemu teman-teman baru, ketemu jenis kehidupan baru, gaya belajar baru dan banyak hal baru lainnya

5 tahun lalu, aku
-- lulus, baru aja mulai bekerja di sebuah lembaga penelitian, menikmati waktu-waktu diluar bekerja dengan bermain dengan teman-teman kuliah, teman-teman SMA, pergi pagi pulang pagi...kakakakak

3 tahun lalu, aku
-- baru lulus (lagi), meninggalkan Rotterdam dengan berat hati, meninggalkan teman-teman dan kehidupannya, kembali ke kehidupan "nyata", kembali tinggal di rumah dengan berbagai aturan dan norma yang kembali harus aku ikut, berupaya dan berjuang untuk menemukan tempat berkarya yang pas

Setahun lalu, aku
-- mulai kehidupan bolak-balik Jakarta-Bandung, mahir menyetir Bandung-Jakarta pp, mulai bekerja dengan bule2 itu, dan mulai bega' dengan ketidakadilan yang ada!

Tahun ini, aku
-- melepas dua orang yang sangat aku sayangi, satu yang sekian tahun telah menjalani hari-hari bersama melewati batas negara, dan yang kedua adalah orang yang dalam masa yang cukup singkat mengisi hari-hariku, memberiku inspirasi dan cinta, mengajarku banyak hal.

Kemarin, aku
-- belajar untuk menerapkan satu prinsip penting yang seringkali dianggap klise yaitu "komunikasi" dalam keluarga, belajar menerima kelebihan dan kekurangan didalam keluarga, belajar untuk lebih menerima dan juga mulai lebih berani untuk berbicara tentang cinta yang aku rasakan

Hari ini, aku
-- untuk pertama kali bisa bangun tanpa harus sembab-sembab...yippeeee

Besok, aku
-- harus kembali memulai mencoba kembali mewujudkan mimpi-mimpi yang aku bangun....walaupun harus seorang diri

Bulan depan, aku
-- menikmati bulan yang menyenangkan dan santai, mempersiapkan natal dan akhir tahun dan liburan keluarga lagi...asikkk

Tahun depan, aku
-- tidak ingin membayangkan apapun yang muluk-muluk, hanya berharap bahwa aku bisa terus membantu mewujudkan mimpi orang yang aku sayangi dan juga mimpiku sendiri, berharap pintu-pintu mulai terbuka....

Semua hal berubah, ada hal yang berjalan seperti yang kita harapkan,ada yang tidak, tapi itu tidak pernah membuat aku berhenti berharap dan membayangkan suatu hal di masa akan datang. Berharap, yang akan datang aku berhasil mewujudkan banyak hal lain. Perubahan? Itu hal biasa. Bukan hanya lingkungan yang berubah, bukan hanya teman-teman yang berubah (sebagian datang dan pergi, sebagian tetap bersama), tapi juga diri kita sendiri berubah! Cara pikir, cara pandang, dan banyak hal lain. Tentu saja, fisik adalah satu hal yang paling nyata perubahannya ya? Hmmm, jadi inget salah satu foto lama yang dibuat hampir 20 tahun lalu nih. Apapun itu, perubahan bukanlah sesuatu yang perlu ditakuti, itu menurut aku. Perlu diterima dengan lapang dada dan penuh syukur!

Lihatlah, perubahan tidak selalu perlu dihindari kan. Aku tidak merasa perubahan fisik aku dari hampir 20 tahun lalu dengan sekarang sebagai sesuatu yang menyebalkan. Hmm, rasanya aku tidak jauh berbeda kan :))

4 comments:

  1. tulisan yang mengesankan.. aku membaca beberapa versi tentang perjalanan hidup teman-temanku, tapi.. hmm, sepertinya butuh waktu untuk merenung2 yah? :D
    nanti, suatu saat aku juga akan menulisnya juga.. hehehe..
    iya, secara fisik kaka nga banyak berubah.. tapi perubahan itu ada, dan aku yakin pasti akan lebih baik.. keep trying yah, kak.. Tuhan besertamu..

    ReplyDelete
  2. iya, Klod, dibawa santai aja loh soal rubah berubah itu :)

    ReplyDelete
  3. ehem.. boleh komentar dikit tentang foto?

    menurut saya memang gak banyak perubahan, cuma (maaf) yang berubah "gigi kelinci"nya sudah tidak kentara lagi sekarang :).

    ===========================================
    kalo soal dulu, sekarang dan nanti..
    mmm.. the past yang pasti beda banget ama yang present. the future juga gitu. masa lalu saya gak bagus dan ga ingin diingat lagi. hari esok saya tergantung pada apa yang saya lakukan hari ini.

    yeah.. gak muluk-muluk untuk future. saya hanya ingin lewati hari lepas hari dengan sederhana bersama anak-anak :).

    ReplyDelete
  4. adezigh: gigi kelinci ilang, agak sedih, jadi trademark sih, tapi itu tuh perjuangan lahir batin, apalagi tiap kawat gigi dikencengin...duhhh, gpplah, seneng, udah keliatan hasilnya. mudah2an masa depannya akan sangat menyenangkan ya. menjalani hari2 secara sederhana gak gampang soalnya, lebih gampang mendapati hari yang tidak sederhana kan :) salam buat anak2nya...

    ReplyDelete